Jumat, 13 Desember 2019 – Bali sebagai kawasan industri pariwisata, memiliki tantangan besar dalam menyediakan tenaga-tenaga profesional khususnya di bidang pariwisata. Hal tersebut dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada wisatawan yang datang ke Bali. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan peran serta dari berbagai pihak, salah satunya peran dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Tenagakerja dan ESDM Provinsi Bali. Salah satu program prioritas yang dicanangkan oleh pemerintah Provinsi Bali dalam bidang ketenagakerjaan, berfokus pada penyiapan tenagakerja (SDM) di bidang pertanian modern, pariwisata, industri kreatif berbasis budaya, arsitektur dan desain, pengobatn tradisional dan spa.

            Sehubungan dengan hal tersebut, dalam kegiatan kuliah lapangan yang mengambil tema “Peran Dinas Tenagakerja Dan ESDM Provinsi Bali Dalam Meningkatkan Kualitas Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Dalam Bidang Pariwisata Dan Industri Kreatif”, kami bermaksud mengetahui program-program yang telah dan akan dilaksanakan oleh Dinas Tenagakerja Dan ESDM Provinsi Bali dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM di Provinsi Bali khususnya dalam bidang pariwisata dan industri kreatif. Hal tersebut sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kontribusi perguruan tinggi khususnya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bali International Institute of Tourism Management (STIE BIITM) dalam mensukseskan program prioritas di bidang ketenagakerjaan yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Bali.

            Kegiatan kuliah lapangan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Manajemen Perhotelan dan Pariwisata yang sedang menempuh mata kuliah manajemen sumber daya manusia di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bali International Institute of Tourism Management (STIE BIITM) diikuti oleh 27 orang mahasiswa dan 1 orang dosen pendamping. Besar harapan kami, melalui kegiatan kuliah lapangan ini mahasiswa dapat mengetahui lebih dalam mengenai program-program yang telah dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Bali di bidang ketenagakerjaan. Sehingga kedepannya diharapkan mahasiswa dapat turut serta berkontribusi dalam berbagai program yang dilaksanakan oleh Dinas Tenagakerja Dan ESDM Provinsi Bali dalam bentuk program magang maupun penelitian kolaboratif.

Leave a Comment